Rabu, 17 Desember 2008

TUGAS LINUX

TUGAS PRAKTIKUM LINUX

1.3 perintah linux
Jawab :
a)less , untuk melihat isi dari suatu file text. Contoh : less matematika
b)echo , untuk mencetak isi dari suatu file ke screen. Contoh : echo matematika
c)df , untuk mengetahui space kosong dalam device suatu file. Contoh : df matematika.

2.5 kelebihan dan kekurangan linux dibanding windows.
Jawab :
Kelebihan :
a)Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
b)Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
c)Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
d)Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut.
e)Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru, tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP.
Kekurangan :
a)Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’.
b)Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
c)Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
d)Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
e)Pengguna perlu menukar program yang sering digunakan, disebabkan program tersebut tidak didapati dalam Linux (atau pilihan yang agak terbatas, misalnya permainan komputer).
PESAN DAN KESAN :
Untuk Lab. Komputasi
PESAN : kondisi ruangannya diperbaiki lagi (ruangannya gelap, ACnya belum optimal, ada beberapa huruf pada keyboard yang terhapus, ada beberapa mouse yang ngadat-ngadat,dll). Kalau perlu ruangannya ditata lebih baik lagi, soalnya kalau kita duduk di bag. belakang,tidak kelihatan papan tulisnya.
KESAN : walaupun kondisi ruangannya kurang baik, tapi setidaknya dengan adanya lab. tersebut kami masih bisa melakukan praktik computer.

Untuk Asisten
PESAN : kalau kasih respon, soalnya jangan yang susah-susah, sebaiknya tidak usah memasukkan pertanyaan yang tidak mengena ( pada halaman ke berapa ….? ). Halaman seperti sebuah nama, apalah artinya sebuah nama, yang perlu itu isinya/dalamnya, he..he..he.. K’ kalau belajarq computer yang perlu itu praktiknya toh K’, bukan teorinya, jadi K’ jganq percaya 100% sama respon, belum tentu praktiknya hebat. He..he..he.. . Pertahankan senyum saat memberikan praktikum, kalau perlu ditambah lagi.. 
KESAN : saya memperoleh banyak pengetahuan, seperti membuat blog, html, linux, maxima, scilab,dll, yang tidak kami dapat waktu SMA. Terima kasih…

Tidak ada komentar: