Rabu, 17 Desember 2008

WINDOWS XP

TUGAS PRAKTIKUM
WINDOWS EXPLORER
Langkah-langkah :
1)Tekan tombol jendela start + E
2)Pilihlah folder Fakultas MIPA,pilih menu File,Rename,atau klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Rename.ketik nama folder yang baru yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.kemudian tekan ENTER.
3)Untuk menghilangkan Toolbar Search :
Klik kanan pada Toolbar Search,kemudian klik Standard Buttons,hingga tanda √ hilang.
Untuk menghilangkan Address Bar :
Klik kanan pada Menu Toolbar,kemudian klik Address Bar,hingga tanda √ hilang.
4)Bukalah windows explorer dengan cara klik kanan pada START kemudian pilih explore.lalu buka my computer.kemudian akan muncul semua drive (C,D,E).misalnya untuk mengetahui kapasitas drive C maka klik kanan pada drive C kemudian pilih properties.kemudian akan muncul kotak dialog properties.lihat berapa kapasitasnya.adapun kapasitas drive-drive pada computer ini adalah:
Drive C = 28,8 GB
Drive D = 28,3 GB
Drive E = 17,3 GB
Total = 74,4 GB
5)Tekan tombol jendela start + E atau klik kanan Menu Star,klik explore,klik My Computer pada bagian folder ( bagian kiri).
6)Tekan jendela start bersamaan dengan tombol R lalu akan muncul kotak dialog RUN. Lalu ketik “cmd” lalu ENTER.
7) -Pilih Folder Matematika,klik kanan folder tersebut,klik Rename. Ketik Jurusan Matematika,tekan tombol Enter atau klik di luar folder untuk mempermanenkan.
- Pilih Folder Fisika,klik kanan folder tersebut,klik Rename. Ketik Jurusan Fisika,tekan tombol Enter atau klik di luar folder untuk mempermanenkan.
- Pilih Folder Biologi,klik kanan folder tersebut,klik Rename. Ketik Jurusan Biologi,tekan tombol Enter atau klik di luar folder untuk mempermanenkan.
- Pilih Folder Kimia,klik kanan folder tersebut,klik Rename. Ketik Jurusan Kimia,tekan tombol Enter atau klik di luar folder untuk mempermanenkan.
8) Klik Start kemudian pilih Search lalu klik all files or folders kemudian ketik huruf F pada kotak all or part of the file name kemudian klik Search lalu akan muncul semua nama file dan folder yang huruf awalnya F.
9) Buka kotak dialog my computer kemudian buka drive C. Pilih file pada menu toolbar lalu pilih new kemudian pilih text document. Ketik nama dan NIM anda dalam file text tadi kemudian save.
Untuk mencopy file text tersebut,klik kanan pada file text tadi kemudian pilih COPY.Buka drive D dan klik kanan pada bagian yang kosong,klik PASTE.maka file text tersebut akan tersimpan di drive D.

DOS
3 Perintah DOS
1) VER
VER adalah singkatan dari VERSION,fungsinya untuk melihat versi mode DOS yang sedang kita gunakan. Contoh :
D:\>VER
Microsoft Windows XP [Version 5.1.2600]
D:\>-
2) VOL
VOL adalah singkatan VOLUME LABEL. Fungsinya untuk menampilkan label disk. Contoh :
C:\>VOL
Menampilkan label drive C. contoh hasil :
Volume in drive C is MICO
Volume Serial Number is 1C33-1BDC
3) TYPE
Fungsinya untuk melihat isi suatu file dalam kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange).
Rumus : TYPE ~ NAMA FILE
Contoh : D:\>TYPE~PASSWORD.TXT?

Tidak ada komentar: